Perteguh Toleransi, Pemkab Cilacap Gelar Silaturahmi Kebhinekaan

Perteguh Toleransi, Pemkab Cilacap Gelar Silaturahmi Kebhinekaan

CILACAP – Dalam rangka untuk mempersatukan kemajemukan bangsa Indonesia sesuai dengan implementasi semboyan Bhineka Tunggal Ika, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Silaturahmi Kebhinekaan di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Rabu (31/3/2021).

Hadir dalam acara ini Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Romo Carolus, Forkominda, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan rasa empati atas kejadian bom bunuh diri di Katredal Makassar. Bupati mengingatkan masyarakat agar tidak ikut berkomentar melalui media sosial dengan saling menyalahkan pihak pelaku dan korban.

“Jangan sampai kita ikut-ikut berkomentar di medsos dan mewarnai masalah ini, dicerna saja. Karena banyak sekali dukungan pembelaan kepada pelaku secara keras, begitu pula yang membela korban. Jadi, baiknya medsos dikelola dengan nalar yang baik, jangan saling menyalahkan” kata Bupati.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi mengecam kejadian di Katredal Makassar tersebut yang merupakan bentuk intoleransi kerukunan umat beragama di Indonesia. Bentuk terror yang mengancam sehingga memberikan rasa takut pada orang lain adalah hal yang tidak dibenarkan. Beliau juga mengucapkan rasa terima kasih atas apresiasi pemuka agama yang sudah menyatakan sikap.

“Mari saling bergandeng tangan, saling silaturahmi menangkal hal-hal tersebut, dengan berbagai umat dan lapisan masyarakat. Bersinergi dengan aparat pemerintah dalam membantu menjaga kondisitas Cilacap. Implementasikan Bhineka Tunggal Ika untuk membangun Cilacap yang lebih sejahtera lagi” ajak Kapolres Cilacap.(yas/ndn)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM