You are currently viewing Percepat Penanganan Covid-19, Petani Cilacap Sumbangkan 9,3 Ton Beras
Perwakilan Petani menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada Bupati Cilacap untuk masyarakat yang membutuhkan.

Percepat Penanganan Covid-19, Petani Cilacap Sumbangkan 9,3 Ton Beras

CILACAP – Pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat global turut berdampak di Kabupaten Cilacap. Pemkab Cilacap sendiri telah menetapkan pandemi ini dalam Status Tanggap Darurat melalui Surat Bupati Nomor. 360/520/39/Tahun 2020.

Hal ini mengundang keprihatinan dari sejumlah pihak, termasuk para petani. Melalui prakarsa Dinas Pertanian, sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani berhasil menghimpun 9.345 kg beras atas partisipasi 2.932 petani dari 598 kelompok tani.

Bantuan tersebut diserahkan oleh perwakilan petani kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, di halaman Pendopo Wijayakusum, Senin (13/4). Beras tersebut dikemas dalam kantong @5kg, dengan jumlah total 1.869 kantong.

Kepala Dinas Pertanian, Supriyanto menilai, hal ini menunjukkan para petani tidak hanya menjadi penerima manfaat saja. Namun mereka tergerak berbuat lebih untuk memberikan bantuan bagi sesama.

Sekretaris Daerah, Farid Ma’ruf, mengapresiasi bantuan ini sebagai sedekah bagi masyarakat yang membutuhkan. Diharapkan, sedekah ini akan membuka pintu rezeki para petani, agar hasil panen selanjutnya lebih baik dan berlipat ganda.

“ASN, Kwarcab dan PMI juga saya harap membantu. Penyemprotan sudah dihentikan, dan bantuan akan diarahkan ke sembako, kita sengkuyung bareng, sehingga masyarakat tidak ada yang kelaparan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati, yang mengungkapkan kekagumannya atas kepedulian para petani. Menurut Bupati, budaya gotong royong semacam ini harus senantiasa terpelihara, agar percepatan penanganan Covid-19 dapat dilakukan.(dn/kominfo)

Sumber : Dinas Pertanian Kab. Cilacap

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM