Desa Jeruklegi Kulon Gelar Pilkades Antar Waktu

Desa Jeruklegi Kulon Gelar Pilkades Antar Waktu

CILACAP – Sebanyak 3 calon kepala desa meramaikan bursa pemilihan Kepala Desa Jeruklegi Kulon Antar Waktu, Senin (22/2/2021). Kegiatan yang berlangsung ditengah pandemi Covid-19 ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

Acara tersebut dipantau langsung oleh Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Achmad Arifin Santosa, Camat Jeruklegi Rosikin, unsur Forkopimcam, serta beberapa undangan lainnya.

Calon Kades Desa Jeruklegi Kulon

Sebelumnya ada 5 bakal calon kades yang turut dalam pemilihan. Setelah ujian tertulis, hanya tiga yang berhak maju sebagai calon. Ketiga calon kades tersebut yakni Ritam Sugianto nomor urut satu, Sunarto nomor urut dua, dan Prayitno nomor urut tiga. Ada 617 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap. Mereka merupakan perwakilan yang masing-masing diambil 10 orang pada tiap RT di enam dusun.

Panitia penyelenggara Pilkades Antar Waktu Desa Jeruklegi Kulon, Marjono menjelaskan, pihaknya menyediakan tiga kotak suara di halaman Kantor Desa JeruklegI Kulon. Panitia juga menerapkan protokol kesehatan ketat dengan  mengenakan masker, face shield, sarung tangan karet, menyediakan tempat cuci tangan, serta mengatur jarak tempat duduk pemilih.

“Kami memberlakukan prokes dengan sangat ketat. Serta memberlakukan jaga jarak tempat duduk bagi warga yang mengantre di TPS,” kata Marjono.

Guna menghindari kerumunan, warga yang telah menunaikan hak pilihnya diminta segera pulang kerumah. Hal ini sekaligus mengantisipasi kemacetan, mengingat kantor desa berada di tepi jalan utama. Usai pemungutan suara, perhitungan suara disiarkan melalui live streaming.

Perhitungan suara dimulai pukul 13.00 WIB. Hasilnya, calon nomor satu Ritam Sugianto mendapat 307 suara, sedangkan nomor dua Sunarto memperoleh 34 suara. Adapun calon nomor urut tiga, Prayitno mendapat 266 suara. Sehingga total suara sah berjumlah 611 suara.(dn/kominfo)

Foto : Istimewa

 

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM