You are currently viewing PKBM Annisa Kembali Dipercaya Kemendikbudristek Gelar PKW 2024

PKBM Annisa Kembali Dipercaya Kemendikbudristek Gelar PKW 2024

CILACAP – Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Annisa Cilacap menjadi salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang menerima Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Setelah sukses melaksanakan PKW Tahun 2023, tahun ini PKBM Annisa kembali menggelar PKW Tahun 2024. Pelatihan dibuka oleh Hanna Hasanah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Kamis (04/07/2024) di Aula PKBM Annisa.

Dalam laporannya, Ketua PKBM Annisa, Anik Ananingsih, menyampaikan tahun ini ada 40 peserta didik usia 17 sampai dengan 25 tahun yang mengikuti PKW 2024 dan berlangsung selama 250 jam pelajaran, berbeda dengan tahun lalu yang menerima 25 peserta didik dengan durasi 280 jam pelajaran. Hal ini dikarenkan program yang diberikan Kemendikbudristek tahun ini adalah Gold sedangkan tahun lalu Platinum.

“Perubahan program PKW dari Kemendikbudristek dikarenakan berdasarkan hasil evaluasi pasca terselenggaranya PKW 2023, tidak seluruh peserta menjalankan usaha karena ada yang lanjut bekerja atau kuliah. Sangat disayangkan, oleh karena itu kami harap peserta tahun ini dapat lebih tekun dan berdedikasi dalam berwirausaha setelah menyelesaikan PKW”, jelas Anik.

Senada, Hanna juga turut memberikan semangat kepada para peserta PKW. Melalui program ini, peserta tidak hanya dapat menimba ilmu namun juga meningkatkan rasa percaya diri melalui berbagai praktikum yang diberikan. Ia berharap, peserta bisa konsisten dalam menjalankan bisnisnya kelak sehingga bantuan yang diberikan bermanfaat sebagaimana mestinya.

“Terima kasih kepada Kemendikbudristek dan PKBM Annisa yang sudah merealisasikan PKW, semoga program ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Kepada peserta harap ikuti dengan sungguh-sungguh supaya bantuan yang diberikan bisa bermanfaat semaksimal mungkin”, ungkapnya.

Untuk diketahui, PKW merupakan salah satu program prioritas Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek. Kurikulum program tersebut mencakup pendidikan karakter, kewirausahaan, keterampilan, pemasaran dan akses permodalan, pengelolaan hasil usaha, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Pelaksanaan program PKW di 2024 berlangsung mulai bulan Juli sampai dengan Agustus 2024. Hingga saat ini, ada 5 besar jenis keterampilan pengajuan terbanyak PKW yaitu tata busana, tata rias pengantin, desain grafis, pastry ad bakery, serta barista. Dalam hal ini, PKBM Annisa mengambil keterampilan tata boga.

Acara pembukaan PKW Tahun 2024 di PKBM Annisa ditutup dengan penyematan tanda peserta secara simbolis dan pemberian materi motivasi kepada peserta oleh Kepala Korwil Bidik Cilacap Tengah, Taufik Hidayat. (pink/aji/kominfo)

Pingky Marsella Effendie

DISKOMINFO REPORTER TEAM