POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 Dimulai
POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 diikuti siswa SD, SMP, dan SMA sederajat dari 24 kecamatan se-Kabupaten Cilacap.

POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 Dimulai

CILACAP – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 resmi dimulai. Gelaran tersebut dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, bersama jajaran Forkopimda di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Selasa (12/2). Rencananya kegiatan akan berlangsung hingga Sabtu (15/2).

Pembukaan POPDA diawali dengan defile kontingen perwakilan dari 24 kecamatan se-Kabupaten Cilacap. Untuk menggugah semangat peserta dan memberikan hiburan, panitia juga menampilkan tarian ‘Bergas Wilujeng’ yang menggambarkan semangat perjuangan dan pentingnya menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto melaporkan, pertandingan POPDA terbagi dalam tiga jenjang yakni SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan untuk jenjang SD sebanyak 15 cabor.

Yakni pertandingan atletik, bola voli, bola voli indoor, bulutangkis, karate, panahan, pencak silat, renang, senam artistik, senam ritmik, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan petanque ekshibisi.

Sedangkan jenjang SMP/MTs 17 cabor, meliputi atletik, bola basket, bola voli indoor, voli pasir, bulutangkis, karate, panahan, pencak silat, renang, senam artistik, senam ritmik, sepakbola, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan petanque ekshibisi.

Jenjang SMA/SMK/MA, cabor yang dipertandingkan yakni atletik, bola basket, bola voli indoor, voli pasir, bulutangkis, karate, panahan, pencak silat, renang, senam artistik, senam ritmik, sepakbola, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan petanque ekshibisi.

Pada kesempatan ini Bupati memberikan semangat dan motivasi kepada para atlet untuk bertanding dengan sportif. Mengingat Pendidikan Olahraga merupakan bagian integral dari pendidikan, olahraga diharapkan mampu mengembangan kemampuan penalaran, stabilitas emosional, moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih.

“Dari sudut edukasi, olahraga adalah salah satu sarana penting untuk meningkatkan dan menempa karakter atau watak dan mentalitas seseorang”, kata Bupati.

Pembukaan POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020 ditandai penekanan sirine dan pelepasan balon oleh Bupati dan Forkopimda. Selanjutnya, perwakilan atlet dan wasit juga mengikrarkan janji sportifitas selama pertandingan berlangsung.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 77
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply

Close Menu