You are currently viewing Porsenitas KUNCI BERSAMA Tahun 2024 Dibuka di Cilacap
Pimpinan daerah wilayah KUNCI BERSAMA bersama-sama menekan sirine tanda dibukanya porsinitas KUNCI BERSAMA ke-11 tahun 2024 di Cilacap.

Porsenitas KUNCI BERSAMA Tahun 2024 Dibuka di Cilacap

CILACAP – Pekan Olahraga dan Seni Tradisional (Porsenitas) KUNCI BERSAMA ke-11 Tahun 2024 secara resmi dibuka di Kabupaten Cilacap, Selasa (9/7/2024) malam. Seremoni digelar di Stadion Wijayakusuma Cilacap, dihadiri Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bersama Forkopimda dan pimpinan daerah wilayah KUNCI BERSAMA.

Bagi Pemkab Cilacap selaku tuan rumah, ini merupakan kehormatan karena merupakan kali kedua, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 2023 silam. Porsenitas digelar mulai 9 sampai 12 Juli 2024. Ada 11 pertandingan yang dilombakan yakni Bulutangkis, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli Pasir, Bakiak, dan Gobag Sodor.

Kemudian Catur, Gate Ball, Sepeda, Lomba Dayung, dan Gerak Jalan Cepat. Para atlet akan memperebutkan 40 emas, 40 perak dan 66 perunggu. Sedangkan perlombaan Seni Budaya bertempat di Plaza Sudirman, serta Pameran Produk Unggulan Daerah Kunci Bersama dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Awaluddin mengucapkan selamat datang kepada Kepala Daerah, kontingen atlet, dan pelaku seni dari Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Brebes, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Banyumas.

Penyelenggaraan Porsenitas kali ini mengambil tema “Guyub Rukun Bareng KUNCI BERSAMA”. Diharapkan melalui kegiatan ini, rasa kebersamaan, persaudaran, kekeluargaan, dan semangat untuk membangun dan memajukan daerah semakin tumbuh. “Tentunya kita semua mempunyai komitmen yang sama bahwa sebagai daerah yang ada di perbatasan, harus maju sebagaimana daerah-daerah lainnya yang sudah maju”, tambahnya.

Tidak hanya menjadi tuan rumah, dalam event ini Awaluddin juga memperkenalkan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Cilacap baik wisata maupun kuliner. Dia berharap rombongan dari kabupaten tetangga tidak melewatkan berbagai hal menarik di Kabupaten Cilacap.

“Pada hari Jumat, tanggal 12 Juli kami juga ada event gelar budaya Festival Nelayan. Ini merupakan salah satu event yang masuk dalam kalender wisata nasional”, tambahnya.

Pembukaan Porsenitas KUNCI BERSAMA tahun 2024 berlangsung meriah. Tidak hanya semarak dengan defile kontingen dan official tim kabupaten/kota tetangga, pembukaan juga dimeriahkan persembahan sendratari yang dibawakan 300 penari dari sanggar Giyan Laksita.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Sekretariat KUNCI BERSAMA, Maman Suparman mengapresiasi kesiapan Pemkab Cilacap dalam gelaran Porsenitas KUNCI BERSAMA 2024. Terlebih pelaksanaan dirangkai dengan sejumlah event wisata dan pekan promosi Cilacap Expo 2024 sehingga menjadi ajang promosi yang baik bagi pemerintah daerah setempat dan menambah daya tarik penyelengaraan Porsenitas KUNCI BERSAMA.

“Alhamdulillah Kabupaten Cilacap luar biasa. Mudah mudahan acara berjalan lancar hingga selesai”, ujarnya.(dn/Kominfo)

DSC 9579 scaled

DSC 9607 scaled

DSC 9695 scaled

DSC 9725 scaled

DSC 9729 scaled

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM