Praktisi Kehumasan Harus Kuasai Teknologi Informasi

Praktisi Kehumasan Harus Kuasai Teknologi Informasi

CILACAP – Kehumasan memiliki peran penting dalam membangun citra pemerintah. Demikian pula pada dinas dan instansi jajarannya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, sektor ini dapat dioptimalkan untuk menjalin komunikasi yang lebih efektif dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi da Informatika Kabupaten Cilacap, M. Wijaya saat membuka Rapat Koordinasi Kehumasan Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Selasa (27/4/2021). Rapat diikuti perwakilan OPD jajaran Pemkab Cilacap.

“Praktisi humas harus menguasai teknologi untuk ikut menyebarkan citra positif melalui komunikasi yang dilakukan menggunakan berbagai teknologi. Sehingga ikut berperan melawan berita-berita hoax juga fakenews yang sekarang ini beredar dimana-mana”, kata Wijaya.

Disebutkan, berbagai program dan keberhasilan pembangunan pemerintah perlu diketahui masyarakat. Selain itu, dengan komunikasi yang efektif masyarakat dapat berperan aktif menyampaikan usulan pembangunan. Sehingga terbentuk kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara negara dan mendukung terwujudnya good governance.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo, Sukaryanto menjelaskan, Rakor Kehumasan merupakan agenda rutin yang digelar tiga kali dalam setahun. Didalamnya terdapat evaluasi sejauh mana perkembangan kehumasan pada tiap tiap instansi. Termasuk kerjasama dengan media massa resmi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Bahwa sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat berhak mendapatkan layanan informasi. Perlu diketahui pula jenis jenis informasi yang boleh disampaikan dan dikecualikan”, jelasnya.

Rakor tersebut menghadirkan narasumber praktisi jurnalistik, M. Amron. Dalam paparannya, Amron menyebutkan, media massa membantu humas untuk melakukan tugasnya dengan baik. Dengan kerjasama yang baik, maka tugas humas akan menjadi lebih mudah dan efektif.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM