You are currently viewing <strong>Promosikan Batik Khas Cilacap Melalui Cilacap Economy Creative Week dan Festival Fashion Banyumas Raya</strong>
Fashion Batik Karya salah satu desainer dari Kabupaten Cilacap dalam Cilacap Economy Creative Week.

Promosikan Batik Khas Cilacap Melalui Cilacap Economy Creative Week dan Festival Fashion Banyumas Raya

CILACAP – Mengangkat tema “Bangga Produk Batik Lokal”, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Cilacap Economy Creative Week dan Festival Fashion Banyumas Raya, Jumat (18/11/2022) di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan pelaku usaha batik, promosi dan pemakaian batik lokal serta sebagai wadah kreativitas dan potensi para desainer di wilayah Barlingmascakeb. Ditampilkan berbagai desain fashion dari bahan batik dan ecoprint yang dirancang oleh desainer asal Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen oleh ibu-ibu Forkopimda, TP PKK, DWP Kabupaten Cilacap dan para model profesional.

IMG 8767

“Tujuannya supaya menggugah para perajin dan desainer batik di wilayah Cilacap dan Banyumas Raya untuk berlomba-lomba meningkatkan produk dan kreativitasnya, meningkatkan UMKM dan karya para desainer batik dan menghasilkan citarasa seni yang tinggi dari kain batik serta mempromosikan produk ekonomi kreatif,” ujar Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Paiman dalam laporannya.

Mengapresiasi acara ini, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Cilacap dr. Ira Syamsul Auliya Rachman berharap batik khas Cilacap bisa lebih banyak dikenakan oleh masyarakat khususnya para anggota PKK di Cilacap.

IMG 8842

“Batik khas Cilacap ini banyak sekali ibu-ibu, mungkin di masing-masing kecamatan memiliki ciri khasnya sendiri. Maka dari itu saya berharap setelah acara ini, kita bisa lebih membatikkan lagi batik Cilacap dan ibu-ibu disini bisa turut berperan di dalamnya,” imbuh Istri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.

Gelaran ini juga dikaitkan dengan Acara Pengantar Purna Tugas Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih dan dr. Ira Syamsul Auliya Rachman dan penyerahan hadiah kepada Pelaksana TP PKK Terbaik, Juara Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 dan cinderamata dari Ketua dan Wakil Ketua I TP PKK Cilacap.

Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pengurus TP PKK se-Kabupaten Cilacap, Forkopimda dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap di akhir masa jabatannya. Teti mengaku mendapatkan banyak sekali bantuan dari semua pihak selama 15 tahun terakhir.

IMG 8815

“Kepemimpinan saya dan Ibu Wakil sudah tinggal hitungan hari, semoga hari ini berkesan ya ibu-ibu. Saya sudah 15 tahun tentu banyak hal yang saya temukan, Cilacap itu unik, majemuk dan penduduknya yang heterogen saling bersahabat serta bergotong royong. Terimakasih atas bantuannya selama ini, saya banyak sekali belajar kepada ibu-ibu,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama para TP PKK di wilayah Kabupaten Cilacap, ibu-ibu Forkopimda, ibu-ibu DWP Kabupaten Cilacap dan seluruh pihak yang berkontribusi dalam acara ini. (my/kominfo)

 

Islamia A Sholihah

DISKOMINFO REPORTER TEAM