Optimalkan Program CSR 2020, PT. Solusi Bangun Indonesia Gelar Forum Konsultasi Masyarakat
Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Uong Suparno mewakili Bupati Cilacap dalam FKM PT. SBI di Fave Hotel Cilacap, Rabu (19/2).

Optimalkan Program CSR 2020, PT. Solusi Bangun Indonesia Gelar Forum Konsultasi Masyarakat

CILACAPPT. Solusi Bangun Indonesia, mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Cilacap karena turut andil dalam pengelolaan lingkungan melalui pembangunan pabrik Refused Derifed Fuel (RDF) untuk mengatasi persoalan sampah.

Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan persoalan sampah yang masih dihadapi Pemkab Cilacap dapat tertangani. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Uong Suparno, saat mewakili Bupati Tatto Suwarto Pamuji dalam Forum Konsultasi Masyarakat (FKM) PT. Solusi Bangun Indonesia, di Fave Hotel Cilacap, Rabu (19/2).

Baca juga : Pemkab Cilacap dapat Penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan

“Dan yang patut kita banggakan, Cilacap menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki sistem pengolahan sampah RDF yang terintegrasi dan berwawasan lingkungan, serta dapat menjadi sumber energi alternatif”, jelasnya.

PT. Solusi Bangun Indonesia Gelar Forum Konsultasi Masyarakat
Pengelolaan perusahaan berwawasan lingkungan menjadi fokus kegiatan CSR PT. SBI.

Disebutkan, Pemkab Cilacap kini terus melakukan pembangunan diberbagai sektor, salah satunya sektor industri. Setiap usaha atau kegiatan akan menimbulkan dampak, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif.

“Agar dampak positif dapat dioptimalkan dan dampak negatif diminimalkan perlu adanya kajian, baik  teknis, ekonomi maupun lingkungan”, tambahnya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap, yang tidak hanya mengutamakan keuntungan semata namun telah menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungannya.

Baca juga : Pemkab Cilacap Genjot Penurunan Stunting

Sementara itu General Manager PT. SBI Cilacap Edi Sarwono memastikan, sebaran pelaksanaan program kegiatan CSR PT. SBI setidaknya telah dirasakan oleh 50.849 orang pemetik manfaat langsung. Dalam keterangan tertulis yang dirilis PT. SBI, beberapa capaian kinerja CSR tahun 2019 diantaranya meluluskan 60 pemuda siap kerja dengan pelatihan las, dan mengembangkan 30 kios kuliner di pusat kuliner Damarjati .

DSC 0036
General Manager PT. SBI, Edi Sarwono memastikan sebaran program CSR PT. SBI telah dirasakan oleh sekitar 50 ribuan penerima manfaat langsung.

Kemudian pembentukan bank sampah untuk 400 warga di RW 10 Kelurahan Karangtalun, pengembangan objek wisata Makuta Tirta bersamaan dengan terbentuknya usaha dagang masyarakat termasuk batik mangrove. Untuk pilar pendidikan, menyalurkan 530 paket beasiswa untuk pelajar SD, SMP dan SMA.

Bidang infrastruktur, pembangunan jalan beton dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), renovasi dan pembangunan mushola dan masjid, pengeboran air untuk kebutuhan air bersih masyarakat. Bidang lingkungan, menghijaukan lahan bekas tambang batu kapur seluas 3 hektar, sehingga menambah luas lahan yang dihjaukan di Nusakambangan menjadi lebih dari 54 hektar. Serta menanam pohon mangrove bersama warga dan LSM.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply