You are currently viewing Puncak Festival Nelayan, Pemkab dan HNSI Larung Jolen

Puncak Festival Nelayan, Pemkab dan HNSI Larung Jolen

CILACAP – Sebanyak 10 jolen dilarung di Pantai Teluk Penyu Cilacap dalam Gelar Budaya Festival Nelayan 2019. Jolen tersebut terdiri dari Jolen Tunggul Bupati, dan Jolen sembilan kelompok nelayan meliputi Donan, Setolokawat, Bakung, Pandanaran, PPSC, Tegal Kamulyan, Lengkong, Kemiren, dan DPC HNSI Cilacap.

Tahun ini penyerahan dan pelepasan Jolen dilakukan di Lapangan Eks Batalyon 405 Cilacap, karena Pendopo Wijayakusuma tengah direnovasi. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto memerankan tokoh Raden Tjakrawerdaja III selaku Adipati Cilacap.

Sedangkan tokoh Tumenggung Duta Pangarsa diperankan oleh Tukiran, salah satu guru SD di Kabupaten Cilacap. Dengan dikawal beberapa brigade prajurit, penari, dan marching band, Jolen diarak menepuh Jl, Jenderal Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Sutoyo – Jl. Laut, menuju Pantai Teluk Penyu.

Sesampainya di Pantai Teluk Penyu, Tumenggung Duta Pangarsa menyerahkan 10 jolen tersebut kepada sesepuh nelayan, agar segera dilarung di laut. Prosesi serah terima jolen berlangsung singkat. Selanjutnya jolen-jolen tersebut dibawa ke perahu yang akan melarungnya di Pantai Selatan.

Di bibir pantai, puluhan perahu berhiaskan aneka warna siap mengawal prosesi larungan. Sedangkan Jolen tunggul, dibawa ke Pulau Majethi di Nusakambangan. Ketua DPC HNSI Kabupaten Cilacap, Sarjono mengatakan, prosesi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas rahmat Tuhan YME.

Pihaknya juga mengapresiasi upaya Pemkab Cilacap dalam mengemas gelar budaya ini dalam Festival Nelayan, untuk meningkatkan daya tarik wisata. Sebelumnya pada malam tasyakuran, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman meminta tradisi ini dimaknai sebagai warisan budaya adiluhung.

“Budaya ini mari kita ambil nilai positifnya, sisi baiknya. Ada nilai kerukunan dan nilai budaya yang harus kita lestarikan”, kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga berharap, gelar budaya ini makin meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Cilacap. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata akan semakin meningkat, dan menggerakkan perekonomian rakyat.(dn/kominfo)

Foto : Larung jolen di Pantai Teluk Penyu Cilacap menjadi acara puncak kegiatan Festival Nelayan 2019.

Leave a Reply