You are currently viewing Pustakawan di Cilacap Harus Melek Teknologi
Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman memberikan sambutan dan membuka acara Peningkatan Kapasitas Tenaga Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2021. (mia/kominfo)

Pustakawan di Cilacap Harus Melek Teknologi

CILACAP – Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2021 selama 8 hari dari tanggal 21 Juni hingga 10 Juli 2021.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman dan dihadiri Plt Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Abid Suharto serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Supriyanto di Hotel Sindoro, Senin 21 juni 2021.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati berharap para peserta pelatihan lebih bisa memanfaatkan teknologi dalam pekerjaannya mengelola perpustakaan di unit kerja masing-masing. “Saya mendorong para peserta disini untuk mempersiapkan diri menyambut Revolusi Industri 4.0, kita semua harus melek teknologi dan bisa memanfaatkan teknologi untuk memberikan informasi dan literasi kepada masyarakat.” Ujar Wakil Bupati.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap, Supriyanto dalam laporanya menjelaskan tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pengelola perpustakaan dan para pustakawan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap. “Tujuan yang lain adalah untuk meningkatkan kualitas tata kelola perpustakaan, meningkatkan minat baca masyarakat dan membangun budaya literasi yang tinggi.” Jelas Supriyanto.

Pelatihan diikuti 160 orang yang merupakan pengelola perpustakaan dan pustakawan di tingkat kelurahan dan desa serta dari Sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Cilacap.

Peserta dibagi kedalam 4 angkatan yang masing-masing diikuti 40 peserta.

Reporter : Mia/Kominfo

Editor : Widy/Kominfo