Rakor UKM, Bupati Dorong Kreativitas dan Empowerment Pelaku UKM

Rakor UKM, Bupati Dorong Kreativitas dan Empowerment Pelaku UKM

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mendorong seluruh stakeholder UKM di Kabupaten Cilacap untuk terus mengembangkan kreativitas, kemauan, dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki oleh masyarakat di Kabupaten Cilacap (empowerment).

Hal itu disampaikan Bupati dalam sambutannya, saat membuka Rapat Koordinasi UMKM di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM, Jalan dr. Sutomo Cilacap, Kamis (19/12/2019). Acara ini digelar dalam kemasan ‘Ngopi Bareng Ramane, Icip Icip Produk UKM”.

“Saya kadang bingung. Ada lomba-lomba kuliner, menang, dapat sertifikat, selesai. Yang saya inginkan kalau ada lomba-lomba, bank kasih modal. Yang menjamin pemerintah”, kata Bupati.

Hal ini dicetuskan Bupati, karena kendala utama pelaku UKM adalah permodalan. Dengan fasilitasi tersebut, diharapkan pelaku UKM mendayagunakan seluruh potensinya untuk mengembangkan UKM dengan bantuan permodalan dari pemerintah dan perbankan.

Untuk itu Bupati mengajak Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk bekerjasama, dalam memfasilitasi para pengusaha muda di Kabupaten Cilacap.

“Anak anak muda yang memiliki empowerment, kreativitas, kita tampung masukannya. Apa yang mereka butuhkan, selesaikan”, tegas Bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati juga mempromosikan Kopi dari Kecamatan Dayaeuhluhur. Komoditas asli Cilacap ini merupakan produk unggulan yang sangat digemari di pasar Eropa. Bupati berharap adanya promosi yang lebih gencar agar produk ini makin dikenal.

“Kalau bisa ngopi bareng jangan disini, tapi di Car Free Day. Atau malam minggu buat festival Kopi Cilumping”, tambahnya.

Rakor UMKM dihadiri oleh para pengusaha, pelaku UKM, dan stakeholder di Kabupaten Cilacap. Dalam event ini, pengunjung dapat melihat berbagai produk unggulan yang dipajang di galeri UMKM. Seperti kerajinan tangan, aneka corak batik, dan produk olahan pangan.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji membuka Rakor UMKM Kabupaten Cilacap di Gedung PLUT KUMKM.

Jumlah Pengunjung : 93
image_pdfimage_print

Leave a Reply

Close Menu