You are currently viewing Sambut Migrasi TV Digital, Pemerintah Bagikan STB Gratis
*Ilustrasi

Sambut Migrasi TV Digital, Pemerintah Bagikan STB Gratis

CILACAP – Menuju pelaksanaan program migrasi siaran televisi analog ke digital, Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kementerian Komunikasi dan Infomatika Republik Indonesia menggelar bimbingan teknis pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) tahap 1 Wilayah Jawa dan Bali, Senin (18/4/2022). Acara yang digelar secara virtual ini berlangsung di Gedung Adipura ,Tegal.

Siaran televisi digital memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan analog. Kualitas siarannya lebih bersih, jernih dan canggih. “Untuk menonton tv digital tidak perlu ganti tv, tidak perlu ganti antena, tidak pakai internet, tidak pakai parabola. Cukup beli Set Top Box, harganya dua ratus ribu. Cukup beli sekali dan tidak ada iuran bulanan,” ujar Marvels Parsaoran Situmorang, Direktur Pengembangan Pita Lebar.

Pemerintah bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Elektronik Indonesia telah menyediakan tiga juta-an Set Top Box (STB) gratis untuk masyarakat tidak mampu yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan akan didistribusikan oleh PT. Pos Indonesia. Bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam DTKS diharapkan untuk membeli STB secara mandiri.

Acara ditutup dengan penyerahan STB secara simbolis oleh Seketaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono kepada 5 orang perwakilan penerima. Sekda Tegal berharap dengan meningkatnya kualitas siaran televisi dapat membantu menyebarkan informasi di masyarakat dan mengurangi durasi pemakaian gawai pada anak-anak. (pink/enka)