You are currently viewing SBI Raih Penghargaan Tata Kelola Tambang yang Baik

SBI Raih Penghargaan Tata Kelola Tambang yang Baik

CILACAP – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penghargaan Good Mining Practice atau Tata Kelola Penambangan yang Baik kepada PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap, yang merupakan unit usaha dari PT Semen Indonesia ( Persero ) Tbk, Kamis (21 /04-2022).

Penghargaan diserahkan oleh Dr.Ir Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah kepada Soni Asrul Sani, Direktur Manufacturing SBI dalam acara Parade Hari Bumi ke -52 di Surakarta.

Pemberian penghargaan Good Mining Practice diberikan kepada badan usaha atau perusahaan yang mengimplementasikan atau telah melaksanakan tata kelola atau praktek penambangan yang mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta melakukan penambangan ramah lingkungan.

“Penghargaan ini merupakan amanah bagi kami. Praktek penambangan ramah lingkungan yang kami lakukan mencakup beberapa aspek diantaranya konservasi, pengelolaan lingkungan hidup, reklamasi pascatambang, pemanfaatan dan penerapan teknologi serta kemampuan rekayasa”, ungkap Istifaul Amin, General Manager Pabrik SBI di Cilacap.

Pengelolaan lingkungan hidup yang telah dilaksanakan di penambangan batu kapur diantaranya dengan menghijaukan 63 hektar lahan pasca tambang dan menjaga 650 hektar hutan lindung atau conservation forest di area Ijin Usaha Penambangan (IUP) batu kapur.

“Semua yang kami lakukan adalah bagian dari upaya kami untuk mewujudkan pembanguan berkelanjutan (sustainable development) demi bumi dan lingkungan yang lebih baik”, terang Istifaul.(rin/kominfo).

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM