You are currently viewing Sekda Ingatkan Camat dan Kades Amanah dalam Pengumpulan PBB-P2
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf (tengah) menyerahkan secara simbolis hadiah utama Gebyar Doorprize PBB-P2 berupa sepeda motor kepada Camat Nusawungu, Agus Supriyono. Dalam undian ini, wajib pajak PBB P2 memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan berbagai hadiah.

Sekda Ingatkan Camat dan Kades Amanah dalam Pengumpulan PBB-P2

CILACAP – Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf mengingatkan pemerintah desa dan kecamatan agar profesional dan amanah dalam pengumpulan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Sebab uang PBB-P2 merupakan titipan masyarakat yang harus disetorkan ke kas daerah.

“Saya tidak ingin kades dan perangkatnya bermasalah. Tolong ini betul-betul diperhatikan. Karena itu bukan uang kita, sehingga harus disetorkan sesuai aturan yang ada”, kata Sekda saat membuka Gebyar Doorprize PBB-P2 untuk wilayah eks Distrik Kroya di Kecamatan Nusawungu, Senin (4/10/2021).

Sekda juga menyampaikan apresiasi kepada Camat dan pemerintah desa yang telah bekerja keras. Sehingga sebagian besar setoran PBB-P2 telah masuk ke kas daerah. Adapun dari 284 desa/kelurahan di seluruh Kabupaten Cilacap, kata Sekda, tinggal 26 desa/kelurahan yang belum melunasi PBB-P2.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera melunasi. Karena yang namanya membangun mulai dari awal, dari Januari sampai Desember. Sehingga kalau sudah ada, yang berkewajiban segera setor”, tambahnya.

Pada kesempatan ini Sekda juga memaparkan gambaran umum APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 3,3 trilyun. Dari jumlah itu, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Cilacap sekitar Rp 721 milyar. Ada penurunan sekitar Rp 30 milyar akibat pandemi Covid-19, yang antara lain dipengaruhi penurunan okupansi perhotelan dan restoran.

“Mestinya kalau DAU turun, Dana Desa juga turun untuk Siltapnya. Tapi insha Allah Bupati sudah mengambil kebijakan untuk Siltap tidak ada penurunan, aman”, tegas Sekda.

Adapun terkait Gebyar Doorprize PBB-P2, merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam menunaikan kewajibannya. Camat Nusawungu, Agus Supriyono berharap kegiatan ini semakin memotivasi masyarakat untuk melunasi PBB-P2 lebih cepat.

“Dan juga menggerakkan ekonomi UMKM, memantapkan kinerja pemerintah desa maupun kecamatan lebih berorientasi untuk melayani masyarakat secara cepat dan ramah”, katanya.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM