Sekda Pimpin Persiapan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, S.T.,M.M (ketiga dari kiri) memimpin rapat persiapan peringatan Hari Jadi ke - 164 Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

Sekda Pimpin Persiapan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap

CILACAP –  Momentum ulang tahun atau hari jadi suatu daerah merupakan peristiwa bersejarah yang tersipan dalam memori kolektif. Penentuan hari jadi itu sendiri berkaitan erat dengan sejarah daerah tersebut. Di Kabupaten Cilacap, hari jadi diperingati setiap tanggal 21 Maret.

Persiapan peringatan Hari Jadi ke – 164 Kabupaten Cilacap diawali dengan Rapat di Ruang Jalabumi Setda Cilacap, Kamis (23/1) dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST,MM. Sesuai amanat Bupati Cilacap, Sekda menekankan agar perayaan tahun ini berlangsung dengan sederhana, namun meriah dan penuh khidmat.

“Hari Jadi Kabupaten Cilacap ini bukan hanya milik kita saja, tetapi juga milik seluruh masyarakat Cilacap. Oleh karena itu harus ada keterlibatan masyarakat”, kata Sekda.

Tahun ini Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap bertema ‘Mantapkan Bangga Mbangun Desa untuk Indonesia Maju’. Selain menetapkan tema, Pemkab Cilacap juga membentuk kepanitiaan dengan Ketua Umum Kepala Satpol PP Cilacap, Yuliaman Sutrisno.

Sedangkan mata acara terbagi dalam dua kategori yakni acara penunjang dan acara inti. Untuk acara penunjang terdiri dari berbagai jenis lomba tradisional seperti tenis meja, bulutangkis, futsal, tenis lapangan, egrang dan bakiak, gobak sodor, catur, voli, gerak jalan beregu, gate ball, dan paduan suara.

Kemudian sunatan massal dan pemberian santunan, parade seni budaya dari 24 kecamatan, panggung hiburan dengan artis Didi Kempot pada Selasa 24 Maret 2020 di Lapangan Eks Batalyon, dan pengajian akbar menghadirkan Ustad Anwar Zahid dari Jawa Timur pada Sabtu 28 Maret 2020 di Alun Alun Majenang.

Acara inti akan dimulai pada hari Jumat, 20 Maret 2020 diawali semaan dan khataman Al Quran di Masjid Agung Darussalam Cilacap mulai pukul 07.00 WIB, dilanjutkan Ziarah di TMP Surengrono dan TPU Karangsuci. Malamnya pada pukul 19.30 akan digelar tasyakuran dan doa bersama.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 21 Maret 2020 puncak acara ditandai Upacara Peringatan Hari Jadi ke 164 Kabupaten Cilacap di halaman Pendopo Wijayakusuma Cilacap. Kemudian dilanjutkan Rapat Paripurna di Gedung DPRD Cilacap, dan prosesi dan gelar budaya kirab lambang daerah.

Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi ke – 164 Kabupaten Cilacap, Yuliaman Sutrisno berharap, seluruh pihak khususnya kepanitiaan dapat bekerjasama dalam menyukseskan agenda ini. Diharapkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap tahun ini dapat lebih meriah dibanding sebelumnya.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 116
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply

Close Menu