Semarak Hari Jadi ke – 164 Cilacap Dimulai
Bupati Tatto S. Pamuji membuka lomba permainan tradisional menyambut Hari Jadi ke - 164 Kabupaten Cilacap.

Semarak Hari Jadi ke – 164 Cilacap Dimulai

CILACAP – Semarak peringatan Hari jadi ke – 164 Kabupaten Cilacap dimulai. Beragam lomba lomba permainan tradisional kembali memeriahkan momen ini. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Tatto Suwarto Pamuji, agar kearifan lokal yang terkandung di dalam permainan jadul ini tetap lestari.

Permainan yang dilombakan hari ini, yaitu balap egrang, bakiak, dan gobag sodor. Khusus untuk gobag sodor, kali ini khusus dimainkan oleh para pejabat struktural. Semuanya berbaur dalam keceriaan menyambut peringatan penting ini.

Baca juga : Sekda Pimpin Persiapan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap

Upacara pembukaan digelar di halaman Pendopo Wijayakusuma, Selasa (3/3). Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Bupati menkankan bahwa perlombaan ini tidak hanya melestarikan permainan tradisional, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi antar para pegawai.

“Tujuan digelarnya lomba ini untuk silaturahmi, bersenda gurau, sehingga senang dan menjadi sehat. Sehingga dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat semakin baik”, kata Bupati.

semarak hari jadi cilacap 2 1
Permainan egrang, salah satu perlombaan yang dimainkan dalam Hari Jadi Cilacap.

Selain permainan tradisional tersebut, sejumlah lomba lain yang digelar yakni tenis meja, bulutangkis, bola voli, futsal, gate ball, catur, tenis lapangan, billyard, serta jalan sehat bareng Ramane. Peringatan Hari Jadi juga diisi berbagai kegiatan sosial.

Antara lain sosialisasi kebencanaan, santunan anak yatim, donor darah, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak, pemeriksaan kesehatan gratis, operasi katarak gratis, sosialisasi keselamatan lalu lintas, bedah rumah khitanan massal, serta penyerahan bantuan kacamata bagi siswa Sekolah Dasar.

Masyarakat juga dapat menyaksikan panggung hiburan yang dimeriahkan penampilan Didi Kempot di Lapangan Eks Batalyon 405 pada tanggal Selasa, 24 Maret 2020, serta pengajian akbar menghadirkan penceramah Ustad Awar Zahid di Kecamatan Majenang pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Acara inti akan dimulai pada hari Jumat, 20 Maret 2020 diawali semaan dan khataman Al Quran di Masjid Agung Darussalam mulai pukul 07.00 WIB, dilanjutkan Ziarah di TMP Surengrono dan TPU Karangsuci. Malamnya pada pukul 19.30 akan digelar tasyakuran dan doa bersama.

Baca juga : Logo HUT ke – 164 Kabupaten Cilacap dan Filosofi di Dalamnya

Selanjutnya pada hari Sabtu, 21 Maret 2020 puncak acara ditandai Upacara di halaman Pendopo Wijayakusuma. Kemudian dilanjutkan Rapat Paripurna di Gedung DPRD, dan prosesi dan gelar budaya kirab lambang daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf menekankan agar perayaan tahun ini berlangsung dengan sederhana, namun tetap khidmat dan penuh kemeriahan. Tahun ini Peringatan Hari Jadi bertema ‘Mantapkan Bangga Mbangun Desa untuk Indonesia Maju’.

“Hari Jadi ini bukan hanya milik kita saja, tetapi juga milik seluruh masyarakat Cilacap. Oleh karena itu harus ada keterlibatan masyarakat”, kata Sekda.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 417
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply