You are currently viewing SI MANTAP PAKDE, Solusi Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Transpoaran Dan Akuntabel Di Kecamatan Patimuan
Peluncuran SIMANTAP PAKDE di pendopo Kecamatan Patimuan

SI MANTAP PAKDE, Solusi Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Transpoaran Dan Akuntabel Di Kecamatan Patimuan

CILACAP – Visi pembangunan Kabupaten Cilacap dibawah kepemimpinan Bupati Tatto Suwarto Pamuji dan Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2017-2022 adalah “Cilacap Semakin Sejahtera Secara Merata, Bangga Mbangun Desa.

Dalam rangka mempercepat pencapaian visi tersebut, pemerintah Kabupaten Cilacap merumuskan 5 misi. Dan salah satu  misi yaitu misi kedua selaras dengan grand design serta road map reformasi birokrasi khususnya penguatan pengawasan dengan rumusan tujuan “Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government) dengan indikator sasaran membangun budaya anti korupsi dan memberikan pelayanan prima sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sekretaris Kecamatan Patimuan Rohwanto, S.H., M.M., selaku project leader SIMANTAP PAKDE, dalam mendukung misi kedua tersebut, terinpirasi untuk melakukan upaya menyusun rancangan aksi perubahan kinerja organisasi untuk mengoptimalkan pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Patimuan melalui Sistem Informasi Pembinaan Monitoring dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa (SIMANTAP PAKDE).

SIMANTAP PAKDE adalah solusi mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel di Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap
SIMANTAP PAKDE adalah solusi mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel di Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap

SIMANTAP PAKDE adalah solusi mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel di Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap. SIMANTAP PAKDE diwujudkan sebagai jawaban atas belum optimalnya pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa oleh Kecamatan. “Dalam pelaksanaannya pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa oleh Kecamatan masih belum optimal, sehingga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan desa masih rendah,” ungkap Rohwanto saat peluncuran SIMANTAP PAKDE.

Aplikasi SIMANTAP PAKDE diluncurkan di pendopo Kecamatan Patimuan pada Senin (1/11/2021). Dihadiri Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Achmad Arifin Santosa Raden (mewakili Bupati), perwakilan Inspektorat, Diskominfo, jajaran Forkopimcam Patimuan, Kepala UPTD, Kepala Desa, dan Ketua BPD se Kecamatan Patimuan.

Rohwanto menjelaskan, instrumen pembinaan dan pengawasan yang diatur dalam Peraturan Bupati Cilacap Nomor 65 Tahun 2021 sebagai pedoman masih berupa check list data manual.

“Kelemahan instrumen pembinaan dan pengawasan berupa check list data manual antara lain tenaga yang dikeluarkan untuk menulis lebih besar, data yang dikerjakan tidak terlalu rapih, memerlukan ruangan penyimpanan yang lebih besar, bila ada kesalahan dalam menulis membuat tidak rapih dan membutuhkan waktu yang lama,” tambah Rohwanto.

Hal ini menjadi penyebab masih rendahnya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan desa yaitu belum adanya sistem informasi/instrumen aplikasi terkait pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa yang terintegrasi.

SIMANTAP PAKDE adalam sistem informasi/instrumen aplikasi terkait pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa yang terintegrasi dengan alamat https://simantappakde.cilacapkab.go.id. Dengan adanya SIMANTAP PAKDE diharapkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa yang akuntabel dan transparan di Kecamatan Patimuan dapat terwujud.

Kedepannya, SIMANTAP PAKDE akan bisa terintegrasi dengan aplikasi desa di Dispermades dan website Pemkab Cilacap. Tujuan jangka pendeknya yaitu terbangunnya Sistem Informasi Pembinaan Monitoring dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Patimuan. Tujuan jangka menengahnya dalam 6 bulan berikutnya yaitu terlaksananya pengembangan Sistem informasi Pembinaan Monitoring dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Patimuan. Sedangkan tujuan jangka panjang untuk 18 bulan berikutnya adalah terlaksananya pengembangan dan integrasi Sistem Informasi Pembinaan Monitoring dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa dengan aplikasi desa di Dispermades Kabupaten Cilacap dan website resmi www.cilacapkab.go.id dan www.patimuan.cilacapkab.go.id. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO