You are currently viewing Siap Beroperasi, Kodim 0703/Cilacap dan Disporapar Gelar Simulasi Pembukaan Pantai Teluk Penyu

Siap Beroperasi, Kodim 0703/Cilacap dan Disporapar Gelar Simulasi Pembukaan Pantai Teluk Penyu

CILACAP – Kodim 0703/Cilacap bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap menggelar simulasi pembukaan destinasi wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap, Kamis (16/9/2021). Acara tersebut dihadiri Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto, Ketua Paguyuban Andong Kapal Bardi, Ketua Paguyuban Pedagang THR Teluk Penyu Daryanto serta tamu undangan lainnya.

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Tri Komara menjelaskan, meski masih berada pada level PPKM 3, pihaknya telah melaksanakan simulasi pembukaan di beberapa lokasi wisata. “Harapannya kita bisa segera turun ke level 2, sehingga obyek wisata secara bertahap dapat kembali dibuka”, kata Tri Komara.

Ditambahkan, Pemkab Cilacap mendukung kegiatan ini. Sebab penutupan obyek wisata sejak beberapa waktu lalu menyebabkan ekonomi masyarakat terpuruk. Setelah dibuka, pihaknya bersama Kodim 0703/Cilacap akan menertibkan penerapan protokol kesehatan di sekitar area Teluk Penyu dan Benteng Pendem.

Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi berharap, destinasi wisata di Cilacap ini bisa  bangkit kembali. Pariwisata harus digiatkan karena menyimpan potensi yang menjanjikan. “Simulasi tadi sudah jelas, sesuai SOP dan regulasi sudah kita laksanakan, kemudian siklus kegiatan tadi juga sudah jelas bagaimana orang berjalan kaki masuk, berkendaraan baik motor, pribadi maupun bus, semua SOP dan secara prosedur sudah dilaksanakan di pintu masuk menuju area wisata,” Kata Dandim.

Sebagai informasi, simulasi hanya berlaku untuk destinasi wisata yang memenuhi standar kesehatan dari Kemenkes RI dan adanya penanggung jawab. Pantai Teluk Cilacap menjadi salah satu obyek simulasi karena dianggap telah memenuhi syarat protokol kesehatan. Simulasi pembukaan kembali destinasi wisata wilayah Kabupaten/Kota dengan status PPKM level 3 dapat dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 25% dan level 2 dapat dibuka secara bertahap sesuai instruksi Gubernur Jawa Tengah.(pendim/dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM