You are currently viewing SMP Negeri 1 Cilacap Raih Medali Perak Dalam Ajang AISEEF Tahun 2024
Peraih Medali Perak dalam ajang AISEEF dari SMP Negeri 1 Cilacap

SMP Negeri 1 Cilacap Raih Medali Perak Dalam Ajang AISEEF Tahun 2024

CILACAP – AISEEF (ASEAN Innovative Science Enviromental and Entrepreneur Fair) adalah ajang kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Kompetisi tahun 2024 ini merupakan ajang AISEEF ke-5 yang berlangsung secara hybrid pada tanggal 2-5 Februari 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

AISEEF diikuti oleh 457 tim dari 17 negara, yaitu Indonesia, USA, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab, Malaysia, Philipina, Kazakhstan, Iran, China, Rumania, Singapura, Korea, Yunani, Mecedonia, Portugal dan Hongkong.

Dalam ajang bergengsi ini, SMP Negeri 1 Cilacap menyumbangkan Medali Perak untuk Indonesia. Tim SMP Negeri 1 Cilacap yang beranggotakan Talitha Qonita Rahman, Athifa Hapsari Anugrah Mulia, Callysta Rahma Putri, Chintya Ayu Maheswari, dan Maqrifatika Puspa Hanum mengangkat judul penelitian “The Impact of Teluk Penyu Beach Reclamation on The Level of Damage to Benteng Pendem” yang menyajikan hasil penelitian tentang dampak reklamasi Pantai Teluk Penyu terhadap tingkat kerusakan situs Benteng Pendem.

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMP Negeri 1 Cilacap memaparkan bahwa reklamasi Pantai Teluk Penyu telah memunculkan fenomena pemukim liar yang dengan sengaja merusak bangunan Benteng Pendem untuk kepentingan pembuatan tempat tinggalnya.

Kepala SMP Negeri 1 Cilacap, Kasidin, S.Pd. merasa bangga siswa-siswinya berhasil meraih penghargaan diajang internasional yang cukup bergengsi.

“Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian yang luar biasa untuk Kabupaten Cilacap. selamat dan sukses untuk anak-anak SMP Negeri 1 Cilacap yang telah membawa harum nama sekolah di tingkat internasional”, ungkapnya.

Kasidin menambahkan, semua pencapaian prestasi ini tidak lepas dari dukungan seluruh guru dan karyawan di SMP Negeri 1 Cilacap dan doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap serta diharapkan bisa memotivasi anak-anak di Cilacap untuk berprestasi. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO