Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Gelar Sekolah Lapang di Cilacap

Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Gelar Sekolah Lapang di Cilacap

CILACAP – Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara menyelenggarakan Sekolah Lapang Geofisika di Fave Hotel Cilacap, Selasa (6/8/2019). Acara yang akan berlangsung selama 2 hari tersebut dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian acara ‘BMKG Goes to School’ yang dimulai sejak Februari 2019 lalu. Materi yang disampaikan antara lain mengenai tanggap dini gempa bumi, serta mengenal berbagai jenis dan kekuatan gempa yang dapat menimbulkan tsunami.

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan, peringatan dini terkait kondisi alam yang merujuk pada potensi bencana memang menjadi kewenangan BMKG. Namun masyarakat diharapkan tanggap terhadap informasi darurat bencana, demi meminimalkan dampak bencana alam.

“Untuk itu, Sekolah Lapang Geofisika ini harus menjadi wadah bagi BMKG dan BPBD sebagai ujung tombak dari penyebarluasan informasi, untuk berkoordinasi dalam menguatkan peran masing-masing”, kata Bupati.

Sekolah Lapang Geofisika diikuti 42 peserta. Sebanyak 12 orang diantaranya berasal dari BPBD Kabupaten Cilacap, 3 orang perwakilan media, 7 orang perwakilan masyarakat, 4 orang perwakilan sekolah, 4 orang perwakilan aparat, 14 orang dari lembaga terkait/relawan, 4 orang tim BMKG pusat dan daerah, serta 11 orang panitia.

Kegiatan ini diharapkan menjadi percontohan pendidikan mitigasi bencana, untuk diterapkan di daerah lain. Sebab berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia dari BNPB Tahun 2013, Kabupaten Cilacap adalah salah satu daerah dengan nilai indeks risiko tinggi untuk bencana gempa bumi dan tsunami.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Tattp S. Pamuji (tengah) berfoto bersama usai membuka Sekolah Lapang Geofisika di Fave Hotel Cilacap, Selasa (6/8/2019).

Leave a Reply