You are currently viewing Sub PIN Polio Tahap Dua Digelar di Cilacap
Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri memberikan tetes manis imunisasi Polio pada pelaksanaan Sub PIN Polio Tahap II di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan, Senin (19/2/2024). Dok. Prokopim Setda Cilacap.

Sub PIN Polio Tahap Dua Digelar di Cilacap

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari putaran pertama yang telah dilaksanakan pada 15 Januari 2024 lalu.

Sub PIN Polio tahap kedua ini berlangsung selama sepekan, mulai hari ini, Senin (19/2/2024). Sasaran imunisasi adalah seluruh anak usia 0-7 tahun di wilayah Kabupaten Cilacap, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Imunisasi diberikan secara oral sebanyak dua tetes kepada setiap anak.

Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri pada kesempatan ini berkenan memantau langsung pelaksanaan imunisasi di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan. Ia berharap pelaksanaan Sub-PIN polio ini bisa mencapai target yang tinggi, seperti pada putaran pertama.

Sub-PIN Polio ini, menurut dia merupakan respon cepat Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam melakukan pencegahan polio. Ia mengimbau orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk mau membawa putra putrinya agar mendapatkan imunisasi polio.

WhatsApp Image 2024 02 19 at 10.53.00
Dok. Prokopim Setda Cilacap.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Pramesti Griana Dewi, menjelaskan bahwa capaian Sub PIN Polio tahap pertama di Kabupaten Cilacap cukup tinggi, yakni 98,48 % dari 202.610 sasaran anak usia 0-7 tahun sesuai data PUSDATIN. Meski demikian, pada kegiatan kali ini pihaknya akan terus mengoptimalkan capaian sasaran.

“Kami mengajak masyarakat Kabupaten Cilacap yang memiliki anak-anak yang berusia 0 sampai 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, untuk mengikuti pemberian imunisasi polio putaran kedua. Kami sangat mengapresiasi hasil Sub PIN Polio putaran pertama yang mencapai 98,48% dan mudah-mudahan untuk putaran yang kedua ini tetap bisa bertahan mencapai target yang tinggi,” ucap dr. Pramesti.

Sub PIN Polio merupakan program imunisasi tambahan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk menanggulangi KLB polio yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Program ini merupakan bagian dari upaya global untuk mewujudkan dunia bebas polio. Imunisasi polio bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Satuan Pendidikan (PAUD, TK, SD/sederajat) dan Pos Imunisasi lainnya di bawah koordinasi Puskesmas.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM