You are currently viewing Tahap Kedua Dimulai, Kecamatan Maos Targetkan 4596 Anak Dapatkan Imunisasi Sub PIN Polio
Pelaksanaan imunisasi Sub PIN Polio tahap kedua di Desa Karangreja, Kecamatan Maos, Senin (19/2/2024).

Tahap Kedua Dimulai, Kecamatan Maos Targetkan 4596 Anak Dapatkan Imunisasi Sub PIN Polio

CILACAP – Pemberian imunisasi Sub PIN Polio untuk anak usia 0 sampai 7 tahun di Kabupaten Cilacap memasuki tahap yang kedua. Pada tahap kedua ini, Kecamatan Maos menargetkan 4596 anak mendapatkan imunisasi.

Imunisasi Sub PIN Polio tahap dua di Kecamatan Maos dilaksanakan di Balai Desa Karangreja, Kecamatan Maos, Senin (19/2/2024). Pada hari pertama, imunisasi dilakukan di tiga desa antara lain Desa Karang Kemiri, Desa Panisihan dan Desa Karangreja dengan target sasaran pada hari pertama sebanyak 1254 anak.

“Alhamdulillah hari pertama dari target 1254 anak tercapai 1227 anak. Desa Karang Kemiri 450 anak, Desa Panisihan 642 anak dan Desa Karangreja 135 anak,” ujar Camat Maos, Trias Handayani saat ditemui seusai acara.

Trias mengatakan untuk anak-anak yang tidak bisa melakukan imunisasi sesuai jadwal, petugas Kecamatan Maos akan melakukan jemput bola ke rumah-rumah untuk memberikan imunisasi. Selain itu bagi anak-anak yang mungkin saat ini sedang sakit, kami memberikan tenggat waktu untuk mendapatkan imunisasi.

“Yang tidak bisa sesuai jadwal nanti kita yang jemput bola ke rumah-rumah. Kita libatkan juga babinsa babinkamtibmas untuk mendampingi. Yang belum dapat mungkin karena sakit, nanti aka nada tenggat waktu seperti tahap pertama kemarin,” ujarnya.

Trias mengaku bersyukur atas antusiasme anak serta ibu-ibu terhadap imunisasi Sub PIN Polio ini sehingga Kecamatan Maos berhasil mencapai lebih dari 100% target imunisasi pada tahap pertama bulan lalu.

“Alhamdulillah kesadaran ibu-ibu sangat tinggi. Mungkin salah satunya karena ini obatnya tetes bukan suntik, rasanya juga manis, jadi anak-anak tidak takut. Terus karena sasarannya adalah anak usia 0 sampai 7 tahun lebih 11 bulan 29 hari jadi banyak anak-anak yang usianya masih masuk untuk mendapatkan imunisasi selama tahap pertama berlangsung. Jadinya kami berhasil mencapai lebih dari 100%,” katanya.

Pelaksanaan imunisasi Sub PIN Polio tahap kedua dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2024 di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Anak-anak dengan usia 0 sampai 7 tahun lebih 11 bulan 29 hari bisa mendapatkan imunisasi di posyandu, sekolah, maupun tempat pelayanan kesehatan lainnya. (my/aji/kominfo)

Islamia A Sholihah

DISKOMINFO REPORTER TEAM