You are currently viewing Tanggap Bencana, Pemkab Cilacap Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Tanggap Bencana, Pemkab Cilacap Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Banjir dan Longsor

CILACAP – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Cilacap pada Senin (5/2) sore menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor di Desa Cijati kecamatan Cimanggu. Akibatnya, satu warga meninggal dunia dan ratusan rumah terendam air.

Bencana tanah longsor terjadi di RT 02 RW 01 Desa Cijati, menimbun sebuah rumah yang dihuni oleh Casih (43). Casih ditemukan meninggal dunia pada Selasa (6/2) pagi setelah dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, PMI, Tagana, dan relawan.

Sementara itu, bencana banjir terjadi akibat luapan Sungai Cilopadang yang berada di wilayah sebelahnya yakni kecamatan Majenang. Banjir menggenangi  rumah enam desa, yaitu Desa Cijati, Desa Ciklapa, Desa Cikawung, Desa Cikalong, Desa Cikawung Kidul, dan Desa Cikawung Lor.

Ketinggian air berkisar 30-60 sentimeter. Banjir mulai surut pada Selasa (6/2) pagi dan warga mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur dan sampah. Pemerintah daerah berjanji akan segera melakukan rehabilitasi bagi warga yang terdampak bencana.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Sujito, memantau langsung lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Desa Cijati kecamatan Cimanggu, Selasa (6/2). Ia juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak bencana.

DSC 3059 scaled
PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito bersama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti dan kepala pelaksana BPBD Cilacap Bayu Prahara menyerahkan bantuan permakanan kepada warga terdampak bencana.

Sujito didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Cilacap, Bayu Prahara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti, dan beberapa pejabat terkait lainnya. Ia mengunjungi Desa Padangjaya Majenang yang terendam banjir akibat luapan Sungai Cilopadang. Ia melihat kondisi rumah warga yang tergenang air dan berdialog dengan mereka.

“Kami datang untuk melihat langsung kondisi warga yang terkena banjir. Kami juga membawa bantuan berupa permakanan dan pakaian. Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga,” kata Sujito.

Selanjutnya, Sujito menuju Desa Cijati Kecamatan Cimanggu. Ia menyerahkan bantuan sosial berupa sembako, selimut, dan pakaian. Dengan adanya korban jiwa ini ia juga mengungkapkan keprihatinannya dan akan melaksanakan penanganan prioritas.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani dampak bencana ini. Kami juga akan memantau lokasi untuk mengambil tindakan selanjutnya apakah perlu relokasi atau tidak. Kami berharap warga tetap tenang dan bersabar menghadapi musibah ini,” kata Sujito. (dn/kominfo)

DSC 3066 scaled

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM