You are currently viewing Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Cilacap Gelar FGD
FGD Ops Zebra Candi 2021 Satlantas Polres Cilacap bersama Forum Lalu Lintas dan Stakeholder.

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Cilacap Gelar FGD

CILACAP – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Cilacap menggelar Coffe Morning dan Focus Group Discussion (FGD) Ops Zebra Candi 2021 bersama Forum Lalu Lintas dan Stakeholder dengan tema Upaya Bersama Menekan Angka Laka Lantas di Wilayah Kabupaten Cilacap pada Kamis (25/11/2021).

Bertempat di Fave Hotel Cilacap, Kasatlantas Polres Cilacap AKP. Ris Andrian Y.N.,SH,S.I.K memaparkan beberapa faktor kecelakaan lalu lintas. Dari faktor manusia, ia mengatakan bahwa kecelakaan dapat disebabkan oleh pengemudi yang kurang kompeten dan konsentrasi yang berdampak pada ketidakmampuan mengendalikan kendaraan bermotor maupun menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, adanya pelanggaran lalu lintas serta kecepatan dalam berkendara.

Faktor lain yang menjadi penyebab kecelakaan adalah jalan dan lingkungan yang rusak, bergelombang, geografis kemiringan, tikungan, tanjakan maupun turunan yang membahayakan serta lampu penerangan yang kurang memadai.

Dari faktor kendaraan, kondisi body, ban dan transmisi  yang jauh dari standar keamanan sebuah kendaraan bermotor juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Sedangkan dari faktor alam, yang dapat mengakibatkan kecelakaan adalah bencana alam dan cuaca buruk seperti hujan lebat dan kabut yang tebal.

Ada 7 area rawan kecelakaan di wilayah Cilacap, antara lain Jalan Raya Wanareja (Adimulya), Jalan Raya Kalisabuk (Kesugihan), SMPN 3 Tugu Lilin Gumilir (Cilacap Utara), Jalan Urip Sumoharjo (Pasar Pelem Gading Cilacap Utara), Jalan Raya Kawunganten, Jalan Raya Cilopadang (Cimanggu) dan Jalan Mataram Pekuncen (Kroya).

WhatsApp Image 2021 11 25 at 12.29.02

Untuk itu, Kasatlantas menghimbau agar masyarakat berhati-hati dan senantiasa waspada ketika berkendara. Ia berharap Satlantas bersama stakeholder mampu bekerja sama untuk menekan angka laka lantas di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Polri khususnya Satuan Lalu Lintas tidak akan maksimal dalam menekan angka kecelakaan  tanpa adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat, tokoh masyarakat, pengusaha angkutan dan para pemangku kepentingan jalan wilayah Kabupaten Cilacap. Kami berharap besar kepada semua lapisan masyarakat akan turut serta dalam menangani dan menekan jumlah angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Cilacap,” ujarnya. (enka_adw)