Tim Ekspedisi Destana Tsunami Tiba di Kabupaten Cilacap

Tim Ekspedisi Destana Tsunami Tiba di Kabupaten Cilacap

NUSAWUNGU, Cilacap – Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami tiba di Kabupaten Cilacap, Kamis (1/8/2019). Secara simbolis, Bendera Pataka diserahkan Kalakhar BPBD Kabupaten Kebumen, kepada Kalakhar BPBD Kabupaten Cilacap Tri Komara, di Pantai Cemara Sewu Desa Jetis, Nusawungu.

Kabupaten Cilacap sendiri menjadi kabupaten/kota ke – 14 yang disambangi Tim Ekspedisi Setana Tsunami. Kasubdit Peran Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat di daerah rawan tsunami mengenai mitigasi bencana dan evakuasi mandiri.

“Kami targetkan Tim Ekspedisi Destana tiba di Kabupaten Serang pada tanggal 16 Agustus 2019”, jelasnya.

Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sudaryanto menjelaskan, dari sekitar 7.800-an desa yang ada, baru sekitar 200 Desa Tangguh Bencana yang terbentuk di Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu pihaknya mendorong agar pemerintah daerah membentuk Desa Tangguh, agar siap siaga menghadapi bencana.

“Intinya kita berharap, masyarakat mengetahui betul potensi kebencanaan di wilayahnya masing-masing, termasuk menyiapkan jalur evakuasi”, kata Sudaryanto.

Sementara itu Kalakhar BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara menjelaskan, selain mensosialisasikan mitigasi bencana tsunami, Tim Destana juga melakukan penilaian ketangguhan 55 Desa Tangguh Bencana yang tersebar pada 10 kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain sosialisasi penanggulangan bencana, penguatan kapasitas aparatur desa terhadap penanganan bencana, bersih bersih pantai, pemutaran film kebencanaan dan penjelasan para ahli, serta pertunjukan seni rakyat.

Dari Kabupaten Cilacap, Tim Ekspedisi Destana melanjutkan perjalanan ke wilayah regional Jawa Barat. Upacara serah terima dilakukan secara simbolis dari Kalakhar BPBD Cilacap kepada Kalahkar BPBD Kabupaten Pangandaran di lapangan Desa Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019).(dn/kominfo)

Foto : Kalakhar BPBD Kab Cilacap Tri Komara Sidhy melakukan serah terima Bendera Pataka Ekspedisi Destana 2019 ke Kabupaten Pangandaran.

image_pdfimage_print

Leave a Reply