Tingkatkan Akslerasi Akses Internet, Diskominfo Bangun Jaringan Fiber Optik

Tingkatkan Akslerasi Akses Internet, Diskominfo Bangun Jaringan Fiber Optik

CILACAP – Guna mendukung program Smart City dan penerapan e-Government, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap tahun ini memulai pemasangan fiber optic (FO) di sejumlah organisasi perangkat daerah pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya,M.M melalui Kasi Pengembangan Infrastruktur, Rahman,S.H menjelaskan, pada tahap awal, jaringan FO akan terpasang di 9 OPD, yakni Sekretariat Daerah, Dinas Sosial, Dinas Arsip dan Perpustakaan, dan Kantor Inspektorat.

Kemudian Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian, Sekretariat DPRD, Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan, dan Aset Daerah, serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cilacap.

“Ini merupakan tahapan cita-cita kita untuk menghubungkan seluruh OPD dalam jaringan FO. Sebab kita membutuhkan jalur untuk mentransmisikan bandwith yang cukup besar”, tambahnya.

FO atau serat optik merupakan sejenis kabel saluran transmisi yang terbuat dari serat kaca, untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari satu titik ke titik lainnya. Dengan FO, secara bersamaan pengguna dapat mengakses layanan internet, telepon, dan berbagai saluran komunikasi.

Pemasangan FO merupakan salah satu kegiatan dalam Proyek Perubahan Kepala Diskominfo Cilacap. Secara bertahap, seluruh OPD jajaran pemerintahan Kabupaten Cilacap akan terhubung dalam jaringan FO. Beberapa manfaat yang diperoleh antara lain adanya efisiensi anggaran untuk bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), karena terkoordinir secara terpadu melalui Diskominfo.(dn/kominfo)

Foto : Petugas Diskominfo Cilacap melakukan pemasangan jaringan FO pada Kantor Badan Kesbangppol Kabupaten Cilacap.

image_pdfimage_print

Leave a Reply