You are currently viewing Tingkatkan Tata Kelola Irigasi, Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Dikukuhkan
Acara Pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap periode Tahun 2022-2024, Selasa (11/1/2022) di Gedung Sumekar.

Tingkatkan Tata Kelola Irigasi, Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Dikukuhkan

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengukuhkan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Periode Tahun 2022 – 2024 di Gedung Sumekar, Selasa (11/1/2022). Terkait hal ini, Bupati berpesan kepada anggota komisi agar meningkatkan sinergitas demi terwujudnya kemajuan dan peningkatan tata kelola irigasi di Kabupaten Cilacap.

“Saya secara  pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, mengucapkan selamat kepada Komisi Irigasi Cilacap yang baru saja dikukuhkan. Dengan dikukuhkannya Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap, maka koordinasi dan komunikasi antara semua pihak yang terlibat dalam penggunaan sumber daya air untuk irigasi dapat terjalin dengan baik,” kata Bupati dalam sambutannya.

Tatto juga mengharapkan pembentukan Komisi Irigasi ini juga dapat mengatasi permasalahan irigasi salah satunya dengan memberdayakan petani-petani di Kabupaten Cilacap.

“Petani-petani kita harus diberdayakan agar memiliki komitmen serta kepedulian yang tinggi untuk ikut berpartisipasi terhadap pembangunan, perawatan, pemeliharaan serta kelestarian sumber daya air untuk irigasi. Dengan begitu, kesinambungan produksi pangan di Kabupaten Cilacap dapat meningkat,” harapnya.

IMG 1085

Dalam acara ini, Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Sujito dikukuhkan sebagai Ketua Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap periode 2022-2024. Sementara Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Dinas PSDA) Kabupaten Cilacap Saeful Hidayat menjabat sebagai Ketua Harian. Pengukuhan juga dilakukan kepada total 28 pimpinan dan anggota yang berasal dari pemerintahan, hingga perwakilan perkumpulan petani.

Kepala Dinas PSDA Saeful Hidayat menyampaikan bahwa Komisi Irigasi sudah berdiri sejak lama dan sebelumnya bernama Panitia Irigasi yang terbentuk pada tahun 1990.

IMG 1075

“Alhamdulillah Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap sudah sangat kondusif antara pengguna air irigasi dengan unsur pemerintahan. Selain itu Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap merupakan tolok ukur Komisi Irigasi di Indonesia, kita sering menerima study banding dari berbagai provinsi di Indonesia dan sudah beberapa kali Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap menjadi Komisi Irigasi terbaik tingkat nasional,” tuturnya.

Untuk itu, Saeful melanjutkan, semoga kinerja Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap bisa lebih baik lagi setelah dikukuhkan hari ini. (wid)