Antisipasi Corona, TMMD Desa Sikampuh Ditutup Tanpa Upacara
Dandim 0703 Cilacap, Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto menyerahkan berita acara hasil TMMD Sengkuyung Desa Sikampuh kepada Bupati Tatto S. Pamuji.

Antisipasi Corona, TMMD Desa Sikampuh Ditutup Tanpa Upacara

CILACAP – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2020 di Desa Sikampuh Kecamatan Kroya resmi ditutup. Apabila umumnya penyerahan hasil TMMD dari Dansatgas kepada Bupati dilakukan dalam sebuah Upacara, kali ini diselenggarakan secara sederhana di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati, Selasa (14/4).

Acara tersebut dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Achmad Arifin Santosa, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin, Danramil 03/Kroya, Kapolsek Kroya, serta undangan lain.

Baca juga : Percepat Penanganan Covid-19, Petani Cilacap Sumbangkan 9,3 Ton Beras

Penutupan dilaksanakan secara simbolis dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara hasil TMMD. Dalam sambutannya Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto membenarkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, penutupan TMMD dilakukan tanpa upacara. Mengingat pandemi Covid-19 saat ini masih menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat. Namun pihaknya bersyukur, atas ridho Tuhan YME, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Penutupan TMMD
Bupati Tatto S. Pamuji menandatangani prasasti hasil kegiatan TMMD Desa Sikampuh.

Adapun kegiatan fisik yang telah dilaksanakan yakni pengaspalan jalan sepanjang 440 m dengan lebar 3 m, tuntas 100 persen. “Yang biasanya masyarakat harus menempuh jarak 5 KM, dengan adanya jalan tersebut kini hanya perlu menempuh 450 m saja. Insya Allah ini membantu proses transportasi dan perekonomian, terutama mobilitas pembangunan”, jelasnya.

Kegiatan lainnya yakni pembangunan talud dengan volume 350 m di sisi kiri dan kanan jalan, pembangunan gorong-gorong plat dan leneng 1 unit. Selanjutnya MCK 2 unit, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 25 unit. Sedangkan pelaksanaan kegiatan non fisik, tidak dilaksanakan karena pemerintah menggariskan kebijakan Social & Physical Distancing.

Baca juga : Cilacap Tetapkan Desa Siaga Covid-19 Pertama di Bulupayung

“Itu anjuran pemerintah, sehingga kegiatan non fisik tidak kita laksanakan. Namun dari sisi edukasi masyarakat menyadari keadaan ini”, tambah Dandim.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan apresiasi atas kegiatan TMMD Sengkuyung di Desa Sikampuh, Kroya. Sebab       pelaksanaanya telah banyak berkontribusi terhadap percepatan pembangunan. Selain kualitas pekerjaannya cukup baik, TMMD juga menumbuhkan semangat gotong royong dalam masyarakat, dan ini harus senantiasa dilestarikan.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 210
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM