Jelang Dibukanya Kegiatan TMMD di Desa Sikampuh, Kodim Bersama Pemda Cilacap Gelar Rakor Persiapan

Jelang Dibukanya Kegiatan TMMD di Desa Sikampuh, Kodim Bersama Pemda Cilacap Gelar Rakor Persiapan

Cilacap – Jelang dibukanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2020 di Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Cilacap, Kodim 0703/Cilacap bersama Pemda Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan TMMD Sengkuyung I di Aula Satya Kartika Kodim 0703/Cilacap, Jln Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (9/3).

Rakor dipimpin Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian dan Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Arifin SR, S.H., M.M. serta diikuti oleh Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Agus Wantoro, Danramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Kroya serta Kepala Desa Sikampuh.

Tujuan Rapat TMMD

Tujuan digelarnya rapat ini yaitu untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I sekaligus mempersiapkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung I Tahun 2020 di Desa Sikampuh yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 16 Maret 2020 mendatang. Dalam Rakor tersebut juga meminta informasi Program/Kegiatan SKPD, BUMN/BUMD, SWASTA yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan rencana kegiatan baik sasaran fisik maupun non fisik.

Dalam sambutannya, Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengemukakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan suatu kegiatan yang mengikutsertakan semua instansi baik BUMN/BUMD maupun Stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan 3 kali dalam setahunnya.

Juara Tingkat 1 Nasional

Kasdim juga mengemukakan bahwa pada kegiatan TMMD Reguler ke 106 TA. 2019 yang lalu, Kodim 0703/Cilacap meraih sebagai juara 1 Tingkat Nasional sehingga hal itu tentunya menjadi kebanggaan bersama. “Kita patut bangga bersama, pada TMMD Reguler ke 106 TA. 2019, Alhamdulillah Cilacap juara 1 tingkat nasional. Tentu hal ini merupakan anugerah dari hasil kerja keras kita semua dan pada pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung TA. 2020 nanti, pengalaman ini kami harapkan tidak surut dalam semangat pengabdian kita untuk masyarakat Kabupaten Cilacap, ” Ujar Kasdim.

Selain itu, program ini telah menjadi agenda tahunan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan kepada semua pihak bisa mengalokasikan anggaran khusus dalam rangka membantu meningkatkan kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Cilacap yang dirangkum dalam kegiatan TMMD sehingga dampak dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

”Kita membuka adanya masukan ataupun program dan juga bantuan-bantuan dari seluruh instansi maupun stake holder yang ada di Kabupaten Cilacap untuk nantinya bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap I di Desa Sikampuh yang rencananya akan dibuka pada tanggal 16 Maret 2020 mendatang,” kata Kasdim.

Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Desa Sikampuh ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi Pengaspalan jalan dengan 440 X 3 Meter, Pembangunan Talud dengan volume 350 M X Kedua sisi, Pembangunan Gorong-gorong Plat dan Leneng 1 Unit, MCK 2 Unit dan Rehab RTLH sebanyak 26 Unit.

Sedangkan sasaran kegiatan Non Fisik TMMD meliputi penyuluhan pertanian, peternakan dan perkebunan, penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis, penyuluhan Bela Negara dan Kamtibmas, penyuluhan tentang Bencana Alam dan Narkoba, Pembuatan Akte Kelahiran Gratis, Pelayanan KB Gratis, Pelayanan KB, Pelatihan Servis Alat Rumah Tangga, Pembinaan Kearsipan, Pelayanan Perpustakaan Keliling dan Pelatihan Ketrampilan dan Wira Usaha.(Arin/Kominfo)

Jumlah Pengunjung : 436
image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply