You are currently viewing TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 Siap di Gelar

TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 Siap di Gelar

CILACAP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap bersama Kodim 0703/Cilacap akan kembali menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang merata dan menurunkan angka kemiskinan di daerah.

Rapat persiapan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I digelar di Aula Kodim 0703/Cilacap, Senin (5/2/2024). Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Bintang Dwi Cahyono, Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi, serta perwakilan dari OPD, BUMN, BUMD, dan swasta yang terlibat dalam kegiatan TMMD.

Rapat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahun 2024, meminta data informasi program atau kegiatan yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD, dan menginformasikan rencana kegiatan TMMD Sengkuyung I baik fisik maupun non fisik.

Bintang menjelaskan, mulai tahun 2024 pelaksanaan TMMD tidak lagi hanya tiga kali, tetapi menjadi empat kali. Hal ini sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 100.3.3.7/0140/BPD tanggal 4 Januari 2024 tentang Peningkatan Program TNI Manunggal Membangun Desa.

“TMMD menjadi empat kali adalah untuk optimalisasi membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang merata, serta dapat menunjang penurunan angka kemiskinan melalui pembangunan fisik dan non fisik,” ujar Bintang.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2024 direncanakan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024. Lokasi kegiatan adalah Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

IMG 20240205 WA0002

Bertambahnya frekuensi pelaksanaan TMMD bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan semangat juang, integritas, kemanunggalan TNI, masyarakat, dan semua elemen yang ada untuk menjadikan TMMD berjalan dengan lancar, sukses, dan penuh manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, sinergitas program atau kegiatan dari peserta rapat diharapkan benar-benar terwujud. Seluruh pihak diminta untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mendukung pelaksanaan TMMD.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I akan dilaksanakan di Lapangan Desa Kalikudi pada tanggal 20 Februari 2024. Sedangkan rencana pelaksanaan kegiatan fisik TMMD Sengkuyung Tahap I meliputi pembangunan rabat beton dengan volume 364 x 2,75 m, 100 x 2 m, 120 x 1,5 m, dan 260 x 3 m. Kemudian pembangunan talud 95 m, serta pembangunan gorong-gorong plat sebanyak 1 unit.

Tidak hanya pekerjaan fisik, TMMD juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan non fisik, seperti pembinaan usaha masyarakat dan pemanfaatan lahan, peningkatan produktivitas ekonomi perempuan, pembuatan KIA, akta kelahiran akta kematian dan pelayanan KB gratis, layanan perpustakaan keliling, pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha baru dan lain-lain.

Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Andi Yuliazi, meminta seluruh OPD, Forkopimcam Adipala, dan Pemerintah Desa Kalikudi untuk meningkatkan koordinasi agar pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar. Pelaksanaan kegiatan juga harus dapat mencapai target 100 persen, serta selesai sesuai jadwal.

“Kami berharap kegiatan TMMD ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Kalikudi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutur Andi.(rin/kominfo)

IMG 20240205 WA0001

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM