You are currently viewing Vaksinasi Dosis Kedua, Dinkes Targetkan 5.211 Nakes

Vaksinasi Dosis Kedua, Dinkes Targetkan 5.211 Nakes

CILACAPDinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menargetkan 5.211 tenaga kesehatan mendapatkan vaksinasi dosis kedua yang dimulai hari ini, Senin (8/2/2021). Jumlah tersebut mencapai 83,7 % dari seluruh jumlah tenaga kesehatan terdaftar sebanyak 6.233 orang.

“Kita usahakan 5.211 orang, bukan tahap 2 ya tapi tahap 1 dosis kedua”, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi.

Disebutkan, jumlah tersebut memang belum mencakup seluruh tenaga kesehatan yang ada. Sebab beberapa diantara nakes tersebut ada yang tidak divaksin lantaran memang tidak memenuhi syarat.

Khusus untuk vaksin Sinovac apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima sedang demam, vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang.

Demikian pula apabila berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil diatas 140/90 maka vaksinasi tidak diberikan. Termasuk bagi yang pernah terkonfirmasi Covid-19, sedang hamil dan menyusui, serta memiliki komorbid lainnya.

“Sedangkan Nakes yang belum divaksin di tahap pertama nanti ikut tahap kedua”, kata Pramesti.

WhatsApp Image 2021 02 08 at 11.25.59
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman divaksin Sinovac dosis kedua, Senin (8/2/2021).

Vaksinasi Dosis Kedua

Vaksinasi dosis kedua ini diberikan dengan interval 14 hari sejak vaksinasi dosis pertama pada Senin (25/1) lalu. Tiap dosis, penerima mendapatkan vaksinasi Sinovac sebanyak 0,5 ml. Pada vaksinasi dosis pertama, Cilacap berhasil menduduki peringkat ketiga nasional dalam hal cakupan vaksinasi.

Pada pemberian vaksinasi dosis kedua ini sejumlah pimpinan Forkopimda turut hadir. Antara lain Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Sekda Farid Ma’ruf, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, serta Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, masyarakat ikut menyukseskan vaksinasi Covid-19. Sebab ini merupakan langkah penting dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19. Masyarakat juga perlu memperdalam literasi serba serbi vaksinasi ini, sehingga tidak terpengaruh berita hoaks.

“Jadi vaksinasi ini akan terus berjalan. Justru banyak masyarakat yang minta. Namun karena terbatas, akan dilakukan secara bertahap”, jelasnya.(dn/kominfo)

Statistik Vaksinasi Dosis Kedua

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM