Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

CILACAP – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019, digelar dalam satu  Upacara di Lapangan Jati Persada Kecamatan Cilacap Tengah, Selasa (1/10/2019). Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Upacara diselenggarakan secara sederhana, khidmat, dan tertib, diikuti Forkopimda, para pejabat, kepala dan perwakilan OPD jajaran, serta siswa dan tamu undangan lainnya. Dalam Upacara ini Wakil Bupati membacakan naskah Pancasila, diikuti seluruh peserta.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap membacakan naskah Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Hari Kesaktian Pancasila sendiri merupakan ekspresi berkabung bangsa Indonesia atas tragedi penculikan dan pembunuhan kepada 7 Pahlawan Revolusi.

Hal ini erat kaitannya dengan Gerakan 30 September (G30S) yang bertujuan menjatuhkan pemerintahan Presiden Sukarno, dan mengganti idologi negara Pancasila menjadi komunis. Pada tanggal 30 September 2019 bendera berkibar setengah tiang. Hal ini untuk mengenang gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi. Sedangkan, tanggal 1 Oktober 2019 pukul 06.00 bendera berkibar satu tiang penuh.(dn/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Cilacap menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Leave a Reply