You are currently viewing Wakil Bupati Apresiasi Inovasi Berbasis Online ATR/BPN

Wakil Bupati Apresiasi Inovasi Berbasis Online ATR/BPN

CILACAP – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional yang ke-61, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman, S.STP., M.Si hari ini, Jumat (24/9/2021) mengikuti upacara di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Cilacap.

Pada upacara tersebut, Syamsul membacakan sambutan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Sofyan A. Djalil. Tema yang diusung pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2021 yakni percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang professional, dengan maksud melaksanakan Undang-undang Cipta Kerja dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan kemudahan berusaha bagi pengusaha mikro kecil dan menengah serta mendorong investasi. Kemudahan tersebut diwujudkan dengan penyederhanaan persyaratan dasar dalam rangka kegiatan berusaha. Hanya ada 3 syarat yang diperlukan, yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan lingkungan dan persetujuan bangunan.

Terkait tata ruang, Kementrian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan diantaranya Rencana Tata Ruang (RTR) Online, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Interaktif, RTR Builder, konsultasi publik berbasis online dan Protaru.

Sejalan dengan semangat percepatan dan pemulihan ekonomi nasional, hari ini Kementrian ATR/BPN juga akan meluncurkan system pendaftaran online, yakni aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan.

Dalam rangka menyukseskan program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Pemerintah Daerah diminta untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dengan menyediakan anggaran Pra PTSL serta dengan mengurangi atau menghapus Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), sehingga target terdaftarnya seluruh bidang tanah di Indonesia dapat tercapai sebelum tahun 2025.

Syamsul sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang sudah dan akan diluncurkan oleh Kementrian ATR/BPN. Karena inovasi tersebut akan sangat membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ia berharap dengan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ini, ATR/BPN Kabupaten Cilacap akan lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Cilacap.

“Semoga dengan inovasi-inovasi ini, akan terlaksana percepatan, efisiensi, efektivitas dan tercipta transparansi dalam pelayanan. Inovasi ini juga memangkas interaksi langsung yang berarti akan meminimalisir perkembangan Covid-19,” kata Syamsul.

Dalam kesempatan ini, Syamsul menyematkan Satya Lencana Karya Satya kepada 2 orang PNS dengan masa bakti 30 tahun, yaitu Sagimin, A.Ptnh dan Rudijono dengan masa bakti 10 tahun. Mereka dengan sukacita menerima tanda kehormatan tersebut.

Selain itu, Syamsul juga menyerahkan 1 unit kendaraan dinas secara simbolis dari Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap serta sertifikat kepada 10 penerima, yakni Kepolisian Negara Republik Indonesia, PT. Pertamina Persero, Pemerintah Kabupaten Cilacap, Kementerian Hukum dan HAM. Selanjutnya penyerahan sertifikat tersebut juga ditujukan untuk kegiatan lintas sektor nelayan perikanan tangkap, kegiatan lintas sektor nelayan perikanan budidaya, kegiatan lintas sektor UMKM, kegiatan PTSL 2021, wakaf Nahdlatul Utama, dan wakaf Muhammadiyah. (den)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM