Wakil Bupati Buka TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 Desa Karangjengkol Kesugihan
Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman menyerahkan berita acara Serah Terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 Desa Karangjengkol kepada Dansatgas TMMD, Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, SE.,M.Tr (Han), Selasa (22/9).

Wakil Bupati Buka TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2020 Desa Karangjengkol Kesugihan

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman membuka pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2020 di Desa Karangjengkol Kecamatan Kesugihan, Selasa (22/9). Pembukaan ditandai penandatanganan berita acara serah terima program TMMD dari Bupati kepada Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr.(Han) selaku Dansatgas TMMD.

Pelaksanaan kegiatan terbagi dalam dua kategori, yakni fisik dan non fisik. Untuk pelaksanaan kegiatan fisik yakni  pembangunan jalan makadam dengan volume 700 X 3 m, pembangunan bronjong batu sepanjang 66 m, dan pembangunan MCK 2 unit. Sedangkan kegiatan pendukung yakni pemugaran RTLH sebanyak 33 unit. Dengan rincian 25 unit dari  APBD Kabupaten Cilacap, 3 unit dari APBD Provinsi Jateng, 5 unit dari BAZNAS.

Untuk kegiatan non fisik tak banyak yang dilakukan karena pandemi Covid-19. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni Edukasi Protokol Kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, pelayanan KB oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Cilacap, dan pengobatan ternak oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap.

IMG 6855

Bupati Cilacap melalui sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meneguhkan semangat kebersamaan dan menyajikan karya nyata bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD seperti ini dapat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi.

“Berbagai pembangunan sarana prasarana perdesaan dari pelaksanaan TMMD selama ini telah dapat dinikmati oleh warga desa. Begitupun upaya pemberdayaan telah berhasil memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi desanya agar makin maju dan sejahtera”, jelasnya.

Diharapkan, kegiatan TMMD dapat dioptimalkan melalui program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskjnan, pengangguran dan penyelesaian berbagai permasalahan kita Iainnya. “ Marj kita sukseskan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa”, tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati juga mengingatkan bahwa TMMD ini dilaksanakan dalam kondisi penuh keprihatinan di tengah wabah Covid-19. Meski saat ini sudah memasuki era New Normal atau adaptasi kebiasaan baru, Wabup berharap masyarakat tidak terlena, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 186
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM