You are currently viewing Wakil Bupati Canangkan Kampung KB Mutiara Hati Desa Sumingkir Jeruklegi

Wakil Bupati Canangkan Kampung KB Mutiara Hati Desa Sumingkir Jeruklegi

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menekankan pentingnya perhatian terhadap keluarga. Hal itu disampaikan dalam pencanangan Kampung KB Mutiara Hati, di Dusun Ciledug Desa Sumingkir Kecamatan Jeruklegi, Selasa (17/12/2019).

Menurut Wabup, sesibuk apapun aktivitas yang dijalani, perhatian kepada keluarga harus menjadi prioritas utama untuk membina keharmonisan rumah tangga. “Berikan perhatian kepada keluarga, sesibuk apapun kita bekerja luangkan waktu bersama keluarga agar keluarga harmonis”, kata Wabup.

Pembinaan keharmonisan keluarga merupakan salah satu aspek penting dalam program keluarga berencana. Dalam hal ini Usia pernikahan tidak boleh terlalu muda dan tidak terlalu tua agar bisa mewujudkan keluarga yang sejahtera dan terencana.

Selain itu, menyukseskan program KB merupakan salah satu peran yang dapat dijalankan masyarakat dalam mendukung program Bangga Mbangun Desa. Program lainnya yang harus diperhatikan adalah Bina Balita untuk memantau kesehatan bayi 1.000 hari pertama sejak lahir.

“Yang perlu diperhatikan juga adalah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. Karena ASI mengandung gizi terbaik bagi bayi yang tidak ada tandingannya”, tambah Wabup.

Saat ini, pemerintah juga terus menggalakkan program pencegahan stunting yang wajib dilaksanakan di tiap desa. Dalam hal ini, program program KB di tiap desa harus berjalan sinergis dengan program pemerintah mengingat Kampung KB merupakan wadah untuk peningkatan kualitas keluarga.

Terkait dengan program Bina Keluarga Remaja (BKR) warga masyarakat juga didorong agar berperan aktif membina keluarga dan remaja sehingga terhindar dari perilaku yang tidak sesuai norma aturan yang berlaku seperti penyalahgunaan narkoba, perilaku seks bebas dan sebagainya.

Sementara itu Kepala Desa Sumingkir, Yunaedi menjelaskan, pencanangan Kampung KB Mutiara Hati merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah, khususnya keluarga berencana. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat berpartisipasi aktif sehingga pencanangan ini dapat terlaksana.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Leave a Reply