You are currently viewing Wakil Bupati Cilacap dan Sejumlah Pejabat Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual
Wakil Bupati Cilacap bersama sejumlah pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 secara virtual di Ruang Prasandha, Jumat (1/10/2021). (ndn/kominfo)

Wakil Bupati Cilacap dan Sejumlah Pejabat Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual melalui zoom meeting bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Ruang Rapat Prasandha, Pendopo Kabupaten Cilacap, Jumat (1/10/2021).

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wasi Ariyadi, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Indar Yuli Nyataningrum, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Murniyah, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dian Arinda Murni.

Hadir pula Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap M. Wijaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sadmoko Danardono, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Taryo.

Sementara itu, di lokasi digelarnya upacara, di Monumen Pancasila Sakti, hadir Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara bersama dengan Wakil Presiden RI Maruf Amin dan Ketua DPR RI Puan Maharani serta perwakilan menteri. Seluruh warga Indonesia juga mengikuti upacara secara virtual melalui youtube untuk mengenang para jasa pahlawan yang gugur saat pristiwa G30S/PKI.

Setiap tanggal 1 Oktober, Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi.

Keluarga pahlawan Indonesia juga terlihat turut mengikuti upacara melalui zoom meeting. Mereka adalah keluarga Jenderal A. Yani, Letjen R. Suprapto, Letjen MT Haryono, Mayjen D.I Panjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Brigjen Katamso, Kapten Pierre Tendean, Kolonel Sugiyono, dan AIP TK II Karel Satsuit Tubun.

Upacara diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPRD RI Puan Maharani. Kemudian setelah meninggalkan tempat upacara, Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta istri melakukan doa bersama di makam Pahlawan Revolusi di Monumen Pancasila Sakti. (mia/kominfo)

Dokumentasi kominfo https://drive.google.com/drive/folders/1e0ezJN0dqvdyUQFtyFvMfwH4eJdF9Pc-