You are currently viewing Warga Desa Cimrutu Ikuti Pelatihan Dasar Penanggulangan Kebakaran

Warga Desa Cimrutu Ikuti Pelatihan Dasar Penanggulangan Kebakaran

CILACAP – Kebakaran merupakan salah satu ancaman berbahaya yang dapat menimbulkan kerugian materi dan korban jiwa. Guna meminimalisir dampak akibat ancaman tersebut, warga Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan mendapat pelatihan penanggulangan kebakaran, di aula kantor desa setempat, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan Pelatihan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) Tahun Anggaran 2021 dihadiri Danramil 12/Kedungreja Kapten inf Tasino, Kapolsek Patimuan diwakili Aiptu Ali Munawar, Kades Cimrutu Surip Riyadi, Kepala UPT BPBD Agus Suhartono, Dantim Damkar Topik serta Kasi Trantib Kecamatan Patimuan Febi.

Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi gambaran dan pengetahuan kepada para relawan tentang penanganan bahaya kebakaran. “Yang pertama dan paling utama diselamatkan yaitu keluarga kita, warga sekitar, surat berharga dan barang barang lain, dan menyelamatkannya ke tempat yang sudah ditentukan oleh desa yang aman,” kata Kapten Inf Tasino.

Dalam pelatihan ini, peserta juga diberi arahan untuk memahami kemungkinan bencana yang dapat terjadi sewaktu waktu. Hal ini bisa diawali dengan mitigasi dari BMKG dalam mengatispasi kemungkinan serta untuk meminimalisir korban. Danramil menekankan, kegiatan ini harus terencana, terorganisir dan partisipatif.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM