You are currently viewing Wujudkan Meritokrasi di Lingkup Pemkab Cilacap, Segenap Pejabat Peroleh Pembinaan

Wujudkan Meritokrasi di Lingkup Pemkab Cilacap, Segenap Pejabat Peroleh Pembinaan

CILACAP – Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di jajaran Pemkab Cilacap mengikuti ikuti Pembinaan Meritokrasi di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Rabu (25/1/2023). Acara tersebut turut dihadiri Pj. Bupati Yunita Dyah Suminar bersama Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, Wisnu Zaroh. Dijelaskan, meritokrasi memberikan kesempatan bagi ASN untuk menempuh jenjang karir berdasarkan kemampuan dan prestasi, bukan kekayaan atau kelas sosial.

Rendahnya penerapan sistem merit pada suatu pemerintahan biasanya disebabkan oleh masih tingginya intervensi politik, belum meratanya pemahaman sistem merit dan dinamika kebijakan tentang kepegawaian. Sistem merit lebih menekankan kinerja, yang dinilai melalui pengujian atau pencapaian.

“Pengembangan karir ASN lebih terbuka karena berpedoman pada kinerja, target-target pemerintahan bisa lebih cepat tercapai karena ASN bisa fokus bekerja tanpa memikirkan hal-hal politik, dan menciptakan birokrasi yang independen”, jelas Wisnu.

Pj. Bupati Yunita Dyah Suminar berharap, Pemkab Cilacap dapat mengikuti jejak Pemprov Jawa Tengah yang telah menerapkan sistem merit dengan sangat baik. Dalam hal ini, sistem merit akan menempatkan sosok yang tepat pada posisi yang tepat, dan dikelola secara transparan berbasis kompetensi, kualifikasi, dan kinerja sejak perencanaan awal.

“Ini sangat penting untuk mengelola birokrasi pemerintah, terutama SDM. Hal inilah yang akan menentukan maju tidaknya pembangunan di Kabupaten Cilacap, dan tentunya membutuhkan dukungan SDM yang berkualitas,” tegasnya.(pink/aji/kominfo)

IMG 4463
IMG 4502

Pingky Marsella Effendie

DISKOMINFO REPORTER TEAM