Sekda Tinjau Hotel Karantina Pasien Covid-19
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, ST.,MM meninjau Hotel @Hom yang digunakan sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Sekda Tinjau Hotel Karantina Pasien Covid-19

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyiapkan Hotel @Hom di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cilacap Utara sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG). Langkah ini dilakukan karena jumlah kasus konfirmasi positif di Cilacap cukup tinggi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf beserta sejumlah pejabat dan Kepala OPD menyempatkan diri meninjau lokasi karantina tersebut, Senin (30/11). Tinjauan ini bertujuan untuk melihat dan memastikan sejauh mana kesiapan tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19.

Beberapa lokasi yang ditinjau antara lain tenda darurat tempat pendaftaran pasien, kamar perawat, serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Sekda juga memastikan protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi karantina tersebut benar benar dilaksanakan dengan ketat.

“Kami ingin memastikan sejauh mana kesiapan penanganan Covid-19. Diharapkan, pasien dapat tetap merasa nyaman selama menjalani perawatan”, jelasnya.

Tinjau Hotel Karantina OTG Covid-19
Hotel Karantina Pasien OTG Covid-19

Hotel dengan kapasitas 60 kamar tersebut digunakan untuk penanganan pasien OTG mengingat kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 sudah penuh. Fasilitas tersebut juga dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang yang diperlukan pasien selama menjalani karantina.

Dengan langkah ini, diharapkan tenaga medis dalam melaksanakan tugas ditempat yang lebih representatif. Sebelumnya, lonjakan pasien Covid-19 juga membuat pihak RSUD Cilacap bersama BPBD Cilacap mendirikan tenda darurat di area pelataran IGD.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, pada Senin (30/11) total konfirmasi Covid-19 di wilayah ini sebanyak 2.208 kasus. Dari jumlah tersebut, 1.432 pasien diantaranya sembuh, dan 62 pasien meninggal. Sedangkan yang masih dirawat sebanyak 714 orang.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM